Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor. Bagi para lulusan yang berminat di bidang seni bisa bekerja di berbagai galeri, gedung pameran dan teater, mengatur kelancaran operasional sehari-hari serta mengkoordinir acara-acara jika ada.
Pemaparan singkat di atas, dapat menjadi salah satu alasan mengapa memilik sekolah di SMK Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Selain di desain untuk siap kerja ketika lulus, juga dimungkinkan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Seperti sembohyannya “SMK BISA!”.
Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Krian 2 yang memberikan bekal tentang berbagai informasi layanan dibidang administrasi baik secara pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor. Adapun struktur kurikulum kompetensi keahlian MPLB adalah sebagai berikut:
A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)
B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Ekonomi Bisnis
3. Administrasi Umum
4. IPAC2. Dasar Program Keahlian
1. Teknologi Perkantoran
2. Korespondensi
3. KearsipanC3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
2. Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
3. Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
4. Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
- Sekretaris perusahaan
- Staff Admin HR,
- Staff Admin marketing
- Staff Admin Produksi
- Staff admin penjualan
- Staff admin IT
- Staf Operasional Gudang
- Front Office.
- Receptionist
- Public Relation