| Dasar Kompetensi Kejuruan |
| Sistem Komputer |
| 4.1 Mengkonversikan sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal) dalam memecahkan masalah konversi |
| 4.2 Merangkai fungsi gerbang logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR); melalui ujicoba (Flip Flop, counter) |
| 4.3 Mempraktikkan operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder) |
| 4.4 Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register) |
| 4.5 Mempraktikkan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika) |
| 4.6 manipulasi dasar-dasar mikrokontroler (port IO, clock, arsitektur RISK, general purpose RISK, stack pointer, SRAM, EEPROM, SREG) |
| 4.7 Menyajikan gambar minimal sistem mikro komputer berdasarkan blok diagram dan sistem rangkaian (arsitektur computer) |
| 4.8 Merangkai perangkat eksternal dengan consule unit |
| 4.9 Membuat alternatif kebutuhan untuk memodifikasi beberapa memori dalam sistem computer |
| 4.10 Menyajikan Rangkaian internal CPU |
| Komputer dan Jaringan Dasar |
| 4.1 Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) |
| 4.2 Merakit komputer |
| 4.3 Menguji kinerja komputer |
| 4.4 Melakukan seting BIOS |
| 4.5 Menginstalasi sistem operasi |
| 4.6 Menginstalasi driver perangkat keras komputer |
| 4.7 Menginstalasi software aplikasi |
| 4.8 Melakukan perawatan perangkat keras komputer |
| 4.9 Melakukan perbaikan pada perangkat keras |
| 4.10 Mengelola perbaikan pada instalasi software aplikasi |
| 4.11 Menginstalasi jaringan komputer |
| 4.12 Mengkonfigurasi pengalamatan IP pada jaringan komputer |
| 4.13 Menginstalasi sumber daya berbagi pakai pada jaringan komputer |
| 4.14 Menginstalasi koneksi internet pada workstation |
| 4.15 Mendesain jaringan lokal (LAN) |
| 4.16 Menginstalasi jaringan lokal (LAN) |
| 4.17 Melakukan perawatan jaringan lokal (LAN) |
| 4.18 Mengelola perbaikan pada jaringan lokal (LAN) |
| Ø Pemrograman Dasar |
| 4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer |
| 4.2 Melakukan Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman |
| 4.3 Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman |
| 4.4 Membuat kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi |
| 4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika |
| 4.6 Membuat kode program struktur kontrol percabangan |
| 4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan |
| 4.8 Membuat kode program untuk menampilkan kumpulan data array |
| 4.9 Membuat kode program menggunakan fungsi |
| 4.10 Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi |
| 4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface) |
| 4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface) |
| 4.13 Memformulasikan paket installer aplikasi sederhana |
| Kompetensi Kejuruan |
| Dasar Desain Grafis |
| 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang |
| 4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB. |
| 4.3 Menerapkan hasil prinsipprinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis |
| 4.4 Menempatkan berbagi format gambar |
| 4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain |
| 4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor |
| 4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek |
| 4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor |
| 4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) |
| 4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek |
| 4.11 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) |
| Ø Desain Grafis Percetakan |
| 4.1 Membuat desain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama |
| 4.2 Membuat desain menggunakan tipografi yang tepat |
| 4.3 Menggambar sketsa dan illustrasi |
| 4.4 Menggambar bentuk dan perspektif |
| 4.5 Menggabungkan gambar dan teks yang berbasis vektor |
| 4.6 Mendesain efek pada gambar vektor |
| 4.7 Menggabungkan gambar dan teks yang berbasis bitmap |
| 4.8 Mendesain efek pada gambar bitmap |
| 4.9 Membuat review Desain berbasis Bitmap dan Vector |
| 4.10 Mengembangkan referensi gambar sesuai ilmu Fotografi |
| 4.11 Mengoperasikan jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi |
| 4.12 Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi |
| 4.13 Mengambil gambar sesuai bidang pandang dan sudut pandang |
| 4.14 Mengatur tata cahaya dalam pengambilan gambar |
| 4.15 Mengambil gambar dengan teknik zooming dan panning |
| 4.16 Mengambil gambar dengan teknik bluring |
| 4.17 Membuat karya seni fotografi digital |
| 4.18 Membuat Laporan Karya Fotografi |
| Animasi 2D dan 3D |
| 4.1 Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector) |
| 4.2 Membuat gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D |
| 4.3 Membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening |
| 4.4 Membuat karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D |
| 4.5 Membuat elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D |
| 4.6 Membuat gerak digital puppeter pada animasi 2D |
| 4.7 Membuat gambar latar |
| 4.8 Mengaplikasikan prinsip-prinsip animasi dalam produksi animasi |
| 4.9 Membuat produk animasi 2D |
| 4.10 Membuat review terhadap produk animasi 2D |
| 4.11 Membuat sketsa rancangan obyek 3D |
| 4.12 Membuat Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface |
| 4.13 Mengolah permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface |
| 4.14 Mengaplikasikan Material pada obyek Sederhana 3D |
| 4.15 Meletakkan posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi |
| 4.16 Membuat gerak digital non character dalam aplikasi 3D |
| 4.17 Menerapkan teknik Rendering pada obyek 3D |
| 4.18 Membuat produk animasi 3D menggunakan obyek2 sederhana (Motion Graphic) |
| 4.19 Membuat laporan proses pengerjaan produk animasi 3D |
| Desain Media Interaktif |
| 4.1 Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif |
| 4.2 Membuat (desain/perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif |
| 4.3 Membuat user interface menggunakan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif |
| 4.4 Mengoperasikan aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif |
| 4.5 Menggabungkan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif |
| 4.6 Membuat style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif |
| 4.7 Membuat review terhadap produk web |
| 4.8 Menggunakan program (coding) pada multimedia interaktif |
| 4.9 Mengolah multimedia interaktif menggunakan kode program (coding |
| 4.10 Mengolah data pada produk multimedia interaktif |
| 4.11 Melakukan publikasi multimedia interaktif |
| 4.12 Mendesain produk multimedia interaktif |
| 4.13 Membuat laporan pembuatan produk multimedia interaktif |
| Teknik Pengolahan Audio dan Video |
| 4.1 Membuat alur proses produksi multimedia |
| 4.2 Dapat Mengoperasikan kamera video sesuai dengan prosedur |
| 4.3 Mampu Menerapkan teknik pergerakan kamera berdasarkan ukuran (framing) dan sudut pandang (angle) kamera |
| 4.4 Mengatur tata cahaya dalam pengambilan gambar bergerak (perekaman video) |
| 4.5 Menyunting video dengan menggunakan perangkat lunak pengolah video |
| 4.6 Memanipulasi video dengan menggunakan fitur efek perangkat lunak pengolah video |
| 4.7 Memanipulasi audio dengan menggunakan fitur-fitur perangkat lunak audio digital |
| 4.8 Memadukan audio dan video sesuai dengan tuntutan naskah |
| 4.9 Membuat review produk audio visual |
| 4.10 Membuat alur proses video pendek (video profile, fiture dan video pendek lainnya) |
| 4.11 Merekam gambar bergerak (video) menggunakan kamera |
| 4.12 Memadukan audio dan video sesuai dengan tuntutan naskah |
| 4.13 Memperbaiki kualitas data audio |
| 4.14 Menggabungkan teks untuk dipadukan dengan video |
| 4.15 Membuat efek khusus dengan menggunakan fitur-fitur perangkat lunak efek khusus |
| 4.16 Membuat video sesuai skenario |
| 4.17 Membuat pengemasan produksi video |
| 4.18 Membuat laporan produksi video pendek |